Cara Mudah Menggunakan Freeze Panes di MS Excel
Cara Mudah Menggunakan Freeze Panes di MS Excel
- Freeze Panes adalah Fitur di MS Excel yang di gunakan untuk mengunci row
atau column. Fungsinya adalah Ketika kita Scroll layar lembar
kerja baik vertikal atau horizontal maka row atau column yang di Freeze
akan tetap terlihat karena sudah mengunci. Tujuan dari Freeze
Panes itu sendiri salah satunya supaya mempermudah penglihatan karena
banyaknya data yang harus di input di tiap judul tabelnya.
Keuntungannya di Fitur ini adalah :
1. Bisa Mengunci Baris pertama row di lembar kerja
2. BIsa Mengunci Baris pertama column di lembar kerja
3. Bisa Mengunci dua - duanya baris row dan column di
lembar kerja
Freeze Panes itu ada 3 :
1. Freeze Panes
2. Freeze Top Row
3. Freeze First Column
Disini admin akan Menjelaskan cara menggunakan Freeze Panes, sebagai
berikut:
Freeze Panes
Masuk terlebih dahulu ke Excel tersebut , dan siapkan lembar kerja yang
akan di Freeze.
lalu di pilihan menu paling atas klik view lihat di grup
windows,klik Freeze Panes.
lalu akan tampil seperti ini :
Lalu selanjutnya Lembar kerja akan menjadi terkunci rows dan columns yang
kalian Freeze Panes tadi.
Cara ini akan di butuhkan ketika membuat lembar kerja yang begitu banyak di
MS Excel. Supaya tidak susah ketika pengisian yang harus terlbeih dahulu
scroll ke atas untuk melihat posisi mengisi yang harus sesuai tempat yang
di minta dengan cara ini kita tidak perlu susah untuk scroll keatas karena
judul sudah terkunci jadi otomatis akan mengikuti dan tidak akan salah
untuk mengisi sesuai judulnya.
Sampai disini admin kira sudah selesai tutorialnya diatas. Jika kalian
berhasil maka selamat kalian sudah bisa menggunakan Freeze Panes dan yang
paling utama adalah Menambah Ilmu/Skill baru yang kita bisa manfaatkan
apabila teman - teman dari kalian ingin membuat hal yang sama. Jika
tutorial di atas belum jelas maka tanyakan di kolom komentar.
Selamat Mencoba, Semoga Berhasil !
0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Freeze Panes di MS Excel"
Post a Comment